Cooking
with love...
Home » » Mi Goreng Jamur

Mi Goreng Jamur

Written By Farida on Saturday, September 21, 2013 | 9:39 AM

Awalnya iseng beli mie basah dipasar, ikut2 temen yang nitip. Testi temen si, mie nya enak buat mie kuah. Berhubung aku ga terlalu suka mie kuah, nyobain buat bikin mie goreng. Nah pas beli mie itu, di toko nya juga jual jamur shiitake kering. Beli juga ah... belum pernah masak jamur itu soalnya. Dirumah ada stock jamur kuping. Campur2 deh dimasak sama mie.


Air rendaman jamur pun diberdayakan jadi kaldu jamur (resep dari mbaknya yang dirumah, sebelum beliau ikut aku, mbaknya sudah pernah kerja di luar negeri, biasanya orang cina masaknya seperti itu...). Tapi jamur kering nya di cuci bersih dulu ya, abis itu baru direndam air panas biar mekar. Air nya yang berwarna kecoklatan itu ntar disaring dan dicampurin ke masakan. Beneran tambah syedep masakannya.



Bahan :
250 gr mie basah, rebus dengan 1 sdm minyak goreng, tiriskan
4 buah jamur kuping, cuci bersih
1 buah jamur shiitake, cuci bersih
1 buah wortel kecil, serut
Daun sawi secukupnya
Daun seledri, cincang secukupnya untuk taburan
50 ml air rendaman jamur
3 sdm minyak goreng untuk menumis
2 sdm saus tiram

Bumbu:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah kemiri, sangrai
Gula, garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:
Rendam jamur kuping dan jamur shiitake dengan air panas sampai mengembang. Tiriskan dan potong-potong. Air rendaman disaring, sisihkan.
Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri.
Tumis dengan minyak sampai harum dan kecoklatan (aduk terus ya biar ga gosong) masukkan wortel dan jamur. Masukkan juga air rendaman jamur. Bumbui dengan gula, garam dan saus tiram. Terakhir masukkan sawi dan mie. Aduk rata. Masak sebentar sambil diaduk2 sampai bumbu meresap dan air habis. Sajikan dengan taburan daun seledri.
SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment