Cooking
with love...
Home » , » Eggless Chocolate Cupcake

Eggless Chocolate Cupcake

Written By Farida on Wednesday, September 11, 2013 | 8:51 AM

Cake tanpa telur? Beneran bisa? 
Bisa lho…

Nemu resep ini kemaren pas browsing2 nyari resep cokelat. Mau ikut berpartisipasi di eventnya dapurmasak.com n NCC Chocolate Week. Begitu liat judulnya di blog mba hesti, Super Moist Eggless Chocolate Cake, langsung naksir, penasaran pengen nyobain rasanya cake tanpa telur.


Waktu masukin oven udah deg-deg an, berhasil ga ya… 10 menit terakhir diintip, wow… takjub liat bagian atas yang menggelembung pecah, ga nyangka cake tanpa telur bisa secantik ini (yang jelas pengaruh baking powder dan baking soda ya…). Belum berhenti disitu deg-deg annya… masih di oven sih ngembang, biasanya (baca: sering) kalo sudah beberapa menit keluar dari oven, langsung ambles. Jadi pas ngeluarin dari oven sambil komat-kamit baca doa…semoga ga ambles… semoga ga ambles, alhamdulillah… dengan izin Allah, kali ini berhasil… ga ambles. Iiihhh, senengnya…

Hasilnya beneran super moist n lembut. Memang agak beremah sih… (lho moist kok beremah), aduh gimana ngejelasinnya ya… mungkin karena ga pake telur, jadinya kurang ngiket, tapi tetep enaaaak, nyoklat banget. Lagi-lagi karena aku kurang suka manis, gulanya aku kurangi sampai 70 gr tapi pas banget di lidahku, resep aslinya pake ukuran cup, trus aku konversi ke satuan gram. Resep dibawah hasil konversi ku, kurang lebih digenap2in ya... mohon maaf sama yang punya resep, saya obrak-abrik dikit :)

Bahan :
150 gr Tepung terigu (aku pake protein rendah)
60 gr Cokelat bubuk
1 sdt Baking powder
1/2 sdt Baking soda
220 gr Gula palem (aku cuman 150 gr)
1/2 sdt Garam
300 gr Air es
110 gr Minyak goreng
1/2 sdt Pasta cokelat
1 sdt Vanili essense
1 sdt Cuka masak / juice lemon
Kenari cincang secukupnya untuk taburan

Cara Membuat:
Panaskan oven 170c.
Ayak tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder dan baking soda. Campur dengan gula palem dan garam. Masukkan air es dan minyak goreng, aduk asal rata. Masukkan pasta cokelat, vanili dan cuka masak, aduk asal rata. 
Tuang ke cup/ loyang. Taburi kenari, Oven selama 30 menit (tergantung ukuran cup/loyang)



SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment