Cooking
with love...
Home » » Gudeg Presto

Gudeg Presto

Written By Farida on Tuesday, October 22, 2013 | 8:17 AM

Berawal dari whatsapp an sama adikku yg sedang berada dibelahan bumi yg lain. Minggu kemaren ini dia ultah. Ucapan selamat ultah ku dibalas dengan terima kasih dan obrolan kalau dia baru aja mau tidur setelah masak gudeg selama 5 jam. Lamanyaa... niat banget. Waktu aku nanya, dapet tewel (nangka muda) dari mana? soalnya heran aja, masak disono ada yang jual nangka muda di pasar, hehehe... ternyata nangka muda kalengan, kasian... Tinggal di negri orang, kalo pas pengen masakan2 dari kampung halaman, harus ke toko asia, yang harganya juga berkali-kali lipat harga di indonesia. Tapi tetep semangat mengejar masa depan ya adikku...



Kembali ke gudeg, jadi inget kata mba ana, dan pernah liat di postingan dapurmasak. Bikin gudeg ekspress dengan menggunakan panci presto. Pagi itu langsung kepikiran bikin juga, hehehe... ketularan adik jadinya. Tapi aku mau praktekin yang pake presto. Di resep aslinya sih pake ayam, tapi aku ganti dengan tulangan sapi sisa pembagian pas hari raya qurban kemaren, hasilnya syedep... cuman mungkin kelamaan mempresto, 30 menit, jadinya pas diaduk hancur.

Bahan :
1 buah nangka muda ukuran kecil (1-1,5 kg)
250 gr tulangan sapi
6 butir telur rebus
5 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprak
200 gr Gula merah, sisir halus
250 ml santan kental
250 ml air
1 sdm air asam jawa

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar, sangrai
2 buah kemiri, sangrai

Cara membuat:
Kupas dan potong2 besar nangka muda, cuci, sisihkan.
Rebus tulangan dan bumbu halus dan gula merah sampai mendidih dan gula merah larut. sisihkan.
Tata daun salam didasar panci presto, masukkan tulangan, nangka muda dan semua bahan2 lain termasuk telur rebus, siram dengan kuah bumbu dan santan. Tutup panci presto dan masak 20-30 menit, dihitung setelah panci berdesis. Matikan api, tunggu sampai uap hilang, Buka, hidupkan lagi api kompor, aduk rata sampai kuah menyusut. 
SHARE

About Farida

1 comments :