Cooking
with love...
Home » » Bolu Kukus Ekonomis

Bolu Kukus Ekonomis

Written By Farida on Tuesday, May 20, 2014 | 11:42 AM

Alhamdulillah... dengan izin Allah, akhirnya bisa menaklukkan kutukan Bolkus !

Udah lebih dari 5 kali bikin bolu sederhana (tapi terkenal tricky) ini, sampai ada istilah kutukan bolkus. Udah nyobain segala cara, teknik dan resep yang berbeda2. Tetep aja, hasilnya cuman senyum manis, mingkem tanpa ekspresi sampai yang mengkerut-rut, sampai desperado dibuatnya.


Nah, beberapa waktu lalu, pas jalan2 di group FB nya NCC. Nemu postingan ibu2 yang baik hati, ibu Adhe Ermalia, membagikan resep bolu kukus dagangannya. Cukup menarik karena bahannya ekonomis, cuman pake 1 telur. Comment postingannya sampai 500-an karena ibunya sabar banget membalas pertanyaan ibu2 lain yang nanya di sana. Testinya berupa foto hasil eksekusinya juga banyak dipajang di postingan tersebut. Semakin yakin dan menguatkan tekad untuk segera mencoba resep tersebut.


Dan alhamdulillah, BERHASIL ! bolkus ku mekrok ngakak. Sampai cuil2 pas diangkat dari kukusan saking mekrok nya. Mungkin juga karena aku terlalu banyak ngisi ke cupnya, jadinya sampai tumpah-tumpah.


Bahan:
250 gr Tepung terigu
200 gr Gula pasir
1 butir Telur
1/2 sdm SP
2 sdm Susu bubuk
200 ml Air
1 sdt Vanili essence

Cara Membuat:
Panaskan dandang kukusan, alasi tutupnya dengan serbet bersih (gunanya biar air ga menetes ke kuenya)
Siapkan cup di cetakan bolu kukus.
Campur semua bahan jadi satu, Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah, bila sudah tercampur rata, naikkan kecepatan sampai maximal. Kocok sampai adonan mengembang dan kental (cara mengetes kekentalan, bila di sendokin, susah jatuhnya). Jangan overmix (bisa bikin bantat juga). Sisihkan sedikit adonan untuk yang berwarna (aku pakai pasta strawberry dan pasta coklat). Masukkan adonan putih ke cup, beri adonan pink dan timpa lagi dengan adonan coklat (masing2 1 sdt). Kukus 5 - 10 menit. Angkat.

SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment