Cooking
with love...
Home » , » Ombre Rossette Cake

Ombre Rossette Cake

Written By Farida on Monday, December 8, 2014 | 2:55 PM

Akhir-akhir ini memang moodnya lagi ga di masak memasak, baking membaking. Masak masak seadanya aja dan lagi males mencoba-coba resep baru. Abis kemaren mood nya di jahit menjahit, bikin bros, terakhir ngecat telenan dan mencoba ngelukis diatasnya. Yes, That's me... moody banget, sebentar disini... sebentar disana. Asyiknya... jadi tau banyak. Minusnya, ga bisa fokus sama 1 hal, alhamdulillah Allah memberiku suami yang pengertian dan mendukung meski dulu awal-awalnya juga sering komplain (sekarang mah ga pernah, ngerti banget kalo aku ya... begini adanya... hihihi... Makasih ya sayang...)


Menghias cake dengan spuit bintang yang menghasilkan bentuk seperti bunga mawar yang cantik ini sudah kulirik sejak lama, berawal dari googling dan liat tutorialnya di youtube, haduh... langsung jatuh cinta. Dengan cara yang sederhana bisa menghasilkan tampilan cake yang cuantik. Memang spuit yang dipake sangat mempengaruhi hasil, pertama bikin aku pake spuit lokal yang se pak isi 10biji lebih dengan harga sepuluh ribuan, hasilnya kurang mantap. Mungkin juga karena ga ada spuit yang bentuknya pas. Yang kedua ini aku sengaja beli spuit wilton 1M, lumayan juga sih harganya, tiga puluh ribuan lebih untuk 1 biji spuit, tapi hasilnya memang tidak mengecewakan (terlepas dari ketrampilan tanganku yng belum luwes menggunakan spuit). Meskipun yang aku buat ini masih banyak belepotan... tapi aku cukup puas dengan hasilnya.



Untuk cake dasarnya aku pake resep dari azlita masam manis. alhamdulillah bikin cakenya lancar dan berhasil ngembang cantik dan enak, tentu saja dengan mengurangi takaran gulanya. Sebenernya agak ragu2 awalnya milih resep ini, karena metodenya langsung campur semua bahan (kecuali minyak) dan memixernya jadi satu, biasanya kalo resep yang kayak gini gagal karena overmix. Tapi dengan semua catatan dan panduan yang ada di web ka ita, ga jadi masalah kalo kita bener-bener patuh dengan tata caranya. Untuk frostingnya aku pake whip cream bubuk haan... praktis tinggal tambah air es, mixer... jadi deh.



SPONGE CAKE COKELAT
Resep asli dari Azlita Masam Manis

Bahan:
4 buah Telur ukuran besar
180 gr Gula halus (aku 160 gr saja)
150 gr Tepung terigu
20 gr Cokelat bubuk
70 gr Air
5 gr Baking powder (1 sdt )
15 gr Ovallete (aku 3 sdt peres)
50 gr Minyak jagung (aku minyak goreng)
1 sdt vanilla essence (aku pake vanila bubuk l'arome)

Cara membuat:
Panaskan oven 170 dc selama 15 menit, sambil menunggu;
Campur dan ayak jadi satu tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk. Campur dengan semua bahan lainnya kecuali minyak. Dengan mixer, aduk rata bahan tersebut dengan speed paling rendah sampai rata, naikkan speed, aduk sampai adonan rata dan lembut. Jangan overmix, sampai asal rata dan lembut saja. Matikan mixer. Masukkan minyak dan aduk balik adonan sampai asal rata. Tuang dalam loyang diameter 18 cm. Masukkan kedalam oven yang sudah panas. Oven sampai matang +- 40 menit. 
Catatan penting selanjutnya setelah cake matang, langsung keluarkan dari oven. Diamkan sebentar +-5 menit, langsung keluarkan cake dari loyang dengan membalik loyang dan balikkan lagi cake ke posisi semula. Biarkan cake benar2 dingin sebelum memotongnya.

Untuk menghias: 
Campur  whipcream bubuk dengan air es sesuai petunjuk kemasan, mixer sampai mengembang. Ambil whipcream untuk melapisi cake, sisanya ambil separuhnya dan beri pewarna merah (aku 6 tetes, jadinya pink). Spuit keliling bagian bawah dengan spuit wilton 1M. Sisa whipcream pink dicampur dengan 1/2 bagian sisa whipcream warna putih, spuitkan lagi diatasnya. Terakhir campur seua sisa whipcream pink dan putih, spuitkan dibagian atas cake. Ngombre deh...


SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment