Cooking
with love...
Home » » Enoki Saus Tiram

Enoki Saus Tiram

Written By Farida on Sunday, November 17, 2013 | 12:25 PM

Jamur yang menurutku paling imut bentuknya... ya enoki ini. Cantik, unik , imut dan lucu. Bentuknya mirip jarum pentul berwarna putih, menul2 atasnya itu lho yang bikin gemes. Ternyata selain bentuknya unik, jamur enoki juga kaya Vitamin B1, B2 dan E yang berfungsi untuk menciptakan sistim imun, membantu mengurangi rasa lelah, memperbaiki sistem metabolisme dan dapat menurunkan berat badanSelain itu khasiat jamur enoki juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyumbatan pembuluh darah, sebagai anti kanker dan membantu penyembuhan kanker prostat (sumber : hasil browsing).



Di Banjarmasin, jamur enoki masih jarang di temui di pasar2. Adanya masih di supermarket. Pas beruntung, jumat kemaren pulang kerja mampir supermarket, eh... dapet jamur enoki diskonan. Sebungkus yang biasanya Rp.9000, jadi Rp.4000 aja. Langsung ambil 2. Soalnya lagi kepikiran juga sama tantangan bulanan dari Pawon Ibu, Aneka Olahan Jamur. Jadi pagi minggu yang hujan ini, makan pagi dengan enoki saus tiram, nasi anget dan dadar jagung. yuk...

Bahan:
2 bungkus jamur enoki
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
1 buah cabe merah, iris panjang tipis
1/2 buah wortel, iris panjang tipis
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
Cara Membuat:
Tumis bawang putih sampai sedikit kecoklatan, masukkan cabe merah, bawang bombay dan wortel. Tambahkan sedikit air, masak sampai layu. Masukkan jamur enoki, bumbui dengan saus tiram, garam dan gula. Aduk rata. Masukkan minyak wijen, aduk rata, angkat dan siap dihidangkan.




SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment