Cooking
with love...
Home » » Cilok

Cilok

Written By Farida on Thursday, November 28, 2013 | 8:57 PM

Utang sama temen2 dikantor yang belum dilaksanakan, bikin cilok. Udah ada 2 bulanan kali ya... baru hari ini tadi kesampaian bikin. Denger testi dari temen yang pernah bikin dan gagal, jadi bikin maju mundur mau mengeksekusi. Mumpung tadi ada waktu, bikin ah... Alhamdulillah, kalo menurutku sih sukses. Ga terlalu liat tapi masih kenyal khas dari si 'pentol kanji' ini. 


Dulu waktu kecil sering banget jajan ini, murah meriah. Ditemani saus sambel pedes atau bumbu kacang kecap... syedap. Kali ini biar praktis dan cepet, bumbunya pake bumbu pecel instan. Sorenya sama mbak dirumah di coba di goreng, enak juga tuh.



Resep (aslinya dari blognya mba Ricke) :
200 gr Tepung Kanji
200 gr Tepung Terigu
2 siung bawang putih, parut/ haluskan
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
Daun bawang secukupnya, iris kecil
air secukupnya untuk melarutkan tepung (sekitar 400 ml) 
Kornet secukupnya untuk isian
Air untuk merebus cilok
Bumbu pecel untuk cocolan (atau bisa pake saus sambal)

Cara Membuat:
Ayak tepung kanji dan terigu, campur dengan daun bawang, aduk rata, sisihkan.
Rebus air sampai mendidih, angkat. Tuang kedalam tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu, uleni sampai adonan kalis dan bisa dipulung (penambahan air bisa dihentikan bila adonan sudah bisa dipulung).
Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan kornet, bulatkan kembali, masukkan kedalam rebusan air sampai mengapung, angkat, kemudian kukus cilok sampai matang (kira-kira 15 menit)


Utang lunas ya temen-temen...
SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment