Cooking
with love...
Home » » Cheesy Macaroni Schotel

Cheesy Macaroni Schotel

Written By Farida on Sunday, November 3, 2013 | 8:21 PM

Hasil intimidasi dari mba Vera di blognya dan testinya, schotel yang ini uennak banget. Ngerasa di intimidasi? iya... soalnya pas belanja bareng, dipaksa-paksa beli keju yang sepaket isi 2 plus bonus toples plastik mika (walaupun akhirnya si toples di taruh di ruangan kantor untuk isi cemal-cemil). Trus dipaksa-paksa milih makaroni, akhirnya milih yang kemasan 500gr. Hihihi... enggak mba... nggak... cuman bercanda, aslinya aku nya aja yang suka di intimidasi. Ga usah diintimidasi, di ceritain soal makanan yang bikin air liur netes, pasti langsung kepikiran pengen bikin juga. Termasuk yang satu ini, schotel.


Udah pernah bikin sih, tapi schotel yang versi lain. Yang bikin unik dari resep satu ini adalah saus bechamel nya. Dan dari sini juga aku tau tips bikin schotel tetep lembut di dalam dan kering diluar, di kukus dulu baru di oven.


Karena masih versi coba2 dan menyesuaikan dengan keadaan dapur (telur sisa 2 dan keju ga mencukupi kalo bikin 1 resep), akhirnya cuman bikin 0,4 dari resep asli, itupun dengan keju yang ga cukup juga. Beli di warung deket rumah, keju yang ukuran paling kecil, malah dapet yang udah rusak (ga nyalahin yang jual juga, soalnya tanggal expired nya masih lumayan lama). Ya sudahlah, perang dengan keadaan seadanya. O iya, beberapa cup aku tambahin toppingnya dengan herbs kering (oregano dkk), rasa dan aromanya jadi tambah italiano...


Hasil nyicip, kesan pertamanya, ueeennnaaak... itu si saus bechamel meleleh di lidah... syedaaaap... (padahal dengan kondisi keju yang seadanya aja lho...). Lain kali bikin versi lengkapnya deh, biar tambah maknyusss...

Bahan, yang ini udah ku kalikan 0,4 ya, jadinya 8 cup aluminium uk kecil:

100 gr makaroni, rebus sampai aldente
260 ml susu cair (aslinya dari 100ml krim kental dan 160 ml susu cair)
2 butir telur
2 buah sosis, belah dua, iris kecil
100 gr daging giling
1/2 buah bawang bombay uk. kecil
1 siung bawang putih
80 gr keju parut (aku cuman sekitar 50 gr)
Merica, garam dan gula secukupnya
Tambahan untuk topping : herbs kering (oregano dkk)

Bahan Saos Bechamel :
1 sdm butter
1 sdm tepung terigu
100 ml susu cair
40 gr Keju (aku cuman sekitar 35 gr)

Cara Membuat Saos Bechamel (bisa dibuat pada saat kita mengukus schotelnya):
Tumis dengan api kecil butter hingga meleleh, masukan tepung aduk cepat hingga rata dan agak coklat hingga matang. Masukan susu, aduk rata. Masukan keju, bumbui dengan merica garam dan gula secukupnya, aduk rata, sisihkan.

Cara Membuat :
Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum, masukkan daging giling dan sosis. bumbui merica dan garam,  tumis hingga matang.
Kocok lepas telur, masukkan susu, macaroni, tumisan daging dan keju (sisakan keju untuk topping). Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas/cup aluminium, kukus 20 menit, angkat. Tuang saos béchamel di atas nya kemudian taburi sisa parutan keju. Panggang 10-15 menit saja, sajikan hangat.

Foto2nya ini diambil 1 hari setelah bikin, untung masih ada sisa untuk difoto. Karena males ngidupin oven untuk manasinnya, aku panasin dengan kukusan aja. 
Pssst... itu tomat cherry dan daun basil dari kebun sendiri lho..., meskipun itu adalah panen pertama dan terakhir untuk si tomat cherry yang terpaksa dibunuh karena terjangkit penyakit dan takutnya nyebar ke tanaman yang lain, susah2 gampang nanem tomat dan cabe...
SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment