Cooking
with love...
Home » » Bluder - Coffee Bun Wannabe #MasBar

Bluder - Coffee Bun Wannabe #MasBar

Written By Farida on Sunday, November 17, 2013 | 1:13 PM

Temanya masih dalam rangka menyelesaikan tantangan-tantangan dari group. Kali ini teman tantangan dari Masak Bareng, yaitu Bluder. Sebenernya ga terlalu suka sama roti-rotian sih, lebih suka cake. Cuman kadang penasaran juga sama adonan roti-rotian. Kemaren bikin pao bisa dibilang ga sukses-sukses amat sih, jadinya pas bikin bluder ini juga setengah was-was ga berhasil juga.


Hasil browsing ternyata banyak banget variasi bluder. Aslinya sih bluder itu adalah roti dengan penambahan telur yang agak banyak, kuningnya terutama, jadi hasil akhirnya lebih empuk dari roti biasa. Hampir aja salah pilih resep karena namanya mirip, Brudel. Kalo yang brudel menurutku lebih mirip ke cake karena ga ada raginya. Ada juga yang menurut resep cara bikinnya bikin aku nyerah, total waktu proofing nya bisa sampai 1/2 hari sendiri. Aduh mak... ga sanggup aku. Akhirnya yang kupilih adalah resep dari sini, dengan menambahkan kuning telur dan modifikasi topping juga isinya.


Untuk topping aku pilih toppingnya coffee bun karena salma n ayahnya suka banget. Biasanya kalo nge-mall, pulang nya bawa roti yang beginian. Makanya sekalian nyobain bikin toppingnya sendiri, meski ga tau aku nyambung ga ya?
Btw, karena takut gagal lagi, aku bikin 1/2 resep aja. hasilnya 8 bluder ukuran sedang

Bahan (1/2 resep):
200 gr Tepung Terigu Protein Tinggi
100 gr Tepung Terigu Protein Sedang
1/2 bungkus Ragi Instant
40 gr Susu Bubuk Full Cream
80 gr gula pasir
3 butir kuning Telur
1 butir putih Telur
15 ml susu evaporated
90 ml air es, masukkan terakhir sambil dikira2 sampai adonan pas
50 gr mentega
1/2 sdt garam
Bahan Topping:
25 gr Mentega
20 gr Gula halus
1/2 bagian dari 1 butir telur kocok lepas
1/2 sdt kopi instan, larutkan dengan 1 sdt air hangat
sejumput kayu manis bubuk
25 gr Tepung terigu
Bahan Isi:
Mentega yang dipotong dadu, masukkan kulkas, keluarkan pada saat mau di pakai

Cara membuat Topping:
Kocok mentega dan gula halus sampai lembut, tambahkan telur dan larutan kopi, kocok rata, masukkan tepung terigu dan kayu manis bubuk, aduk rata, masukkan ke dalam pipping bag dan simpan di kulkas.

Cara Membuat Bluder:
Campur jadi satu bahan kering (tepung, ragi, susu bubuk & gula) di dalam wadah, campur sampai rata (bisa dengan mixer kecepatan paling rendah).
Masukkan telur, susu dan air sedikit-demi sedikit sambil terus di uleni.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis
Bulatkan & diamkan sampai mengembang selama 30 menit
Kempiskan adonan untuk membuang gas nya - timbang masing 50gram - bulatkan - istirahatkan 10 menit
Gilas adonan kemudian isi dengan bahan isian, tutup rapat dan bulatkan kembali, taruh dalam cetakan muffin yang diolesi mentega atau dialasi papercup. Istirahatkan kembali selama 75 menit (Saat ngetik ulang resep ini baru sadar kalo aku ada salah disini, aku cuman 10 menit...)
Semprotkan bahan topping keatas roti yang sudah mengembang dengan arah melingkar rapat seperti obat nyamuk, mulai dari atas sampai ke sisi luarnya.

Oven dengan suhu 190C selama 15 menit.



SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment