Cooking
with love...
Home » » Rosie Pao with Red bean filling

Rosie Pao with Red bean filling

Written By Farida on Monday, October 14, 2013 | 12:15 PM

There's always a first time for everything...

Pengalaman pertama bikin jenis roti-rotian. Udah lama pengen bikin, cuman kok males membayangkan menguleni adonan. Tapi demi PR setoran perdana di Pawon Ibu, dikuatin tekad untuk ulen-mengulen Pao. Yup, tema yang digusung Pawon Ibu bulan oktober ini adalah Pao.



Karena belum pernah praktek, dengan banyaknya pilihan resep hasil googling dan dengan rekomendasi dari review2, katanya metode tangzhong lebih ringan proses menguleninya. Pilih sana pilih sini, dapet resep pao dengan metode tangzhong, bismillah... praktek di dapur. Pas sudah proses menguleni, hadooohhh... kayaknya ada yang salah nih, si adonan berat banget dan ga kalis2, ga berani nambah2in cairan apa2 untuk melunakkan, takut malah amburadul. Akhirnya nyerah, belum begitu kalis udah tak diemin diwadah dan ditutup kain. Di resep ditulis diemin sampai 20 menit atau mengembang 2 kali lipat, nah yang ini udah lebih dari 4 x 20 menit, tetep belum seberapa ngembangnya. Tampilannya juga acak adut. Piye ki....
Belum menyerah, sambil nunggu dan berharap ada keajaiban si adonan mengembang, aku browsing lagi. Kali ini pake yang biasa aja, ga pake tangzhong-tangzhong an. Udah terlanjur penasaran banget sama si Pao, aku haruuuus menaklukkannya. Langsung beraksi di hari yang sama untuk resep kedua, Semangat!!!

Btw, untuk adonan yang pertama akhirnya setelah 2 jam an, aku bentuk dan isi, diemin lagi 15 menit dan kukus. Berlagak bego aja dah, meskipun tau yang itu ga bakalan berhasil alias gatot, hihihihi .Hasilnya yang ini, keras sodara2... suamiku sampai bekelakar, 'wah ini mah, kalo dilempar ke tembok, temboknya yang gumpil kali ya' hehehehe... (Usut punya usut ternyata salah di adonan tangzhong, mestinya cuman sampai kental berjejak, aku sampai meletup2 dan jadi adonan yang keras)


Back to adonan kedua, meskipun ga pake tangzhong, lumayan lebih ringan nguleni nya (ya iyalah... aplikasi tangzhongnya salah!) Meskipun hasilnya masih kurang memuaskan, kurang empuk, ga pa pa lah... namanya juga belajar. Pao ini ku bentuk mawar, nyontek bentuk purple sweet potato rose pau nya Ka Ita di Masam manis, cantikkk banget (Makasih buat step by step nya). Punyaku sih masih jauh lah... Soal warna, aslinya tu pengen bikin warna pink, jadi aku kasih sedikit pewarna, tapi ada yang terlupa, mestinya aku ngasih pewarna pada susunya aja, lha ini udah hampir kalis baru aku kasih pewarna, jadilah blurik2. (Lagi-lagi) ga pa pa lah... namanya juga belajar. Jago ngeles deh... eh beneran kan ada tu mawar yang blurik2... wkwkwkwk...


Bahan:
280 gr tepung terigu protein rendah
140 gr tepung terigu protein sedang
3 sdm gula pasir (aku pake 5 sdm)
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
1,5 sdt ragi instan
250 ml susu hangat
1 sdm minyak sayur

Bahan Isi:
250 gr Kacang merah
100 gr Gula pasir
50 ml Santan

Cara membuat isi:
Rebus kacang merah sampai lunak, sisihkan sampai hangat. Blender bersama gula pasir dan santan. Masak diatas teflon dengan api kecil sampai bisa dipulung. 

Cara membuat pao:
Campur tepung terigu, ragi dan baking powder, aduk rata. Tambahkan susu cair, kocok dengan mixer (dengan pengocok spiral). Tambahkan minyak, kocok lagi / uleni sampai kalis dan lembut. Letakkan adonan di wadah, tutup dengan cling wrap atau lap basah, diamkan selama 15 menit / mengembang 2 kali lipat. Bentuk dan isi adonan, istirahatkan lagi selama 15 menit. Kukus selama 10 menit/ sampai matang.

SHARE

About Farida

1 comments :