Cooking
with love...
Home » , » Eggless Choco Cake with Cheese Filling

Eggless Choco Cake with Cheese Filling

Written By Farida on Wednesday, October 16, 2013 | 9:29 PM

My First Fondant cake!

Gemes banget tiap liat cake/cupcake dengan hiasan fondan. Membayangkan mengutak atik adonan fondan dan membuat printilan untuk menghias cake, pasti seru. Makanya pas liat di AceHardware ada cetakan fondan bentuk bunga daisy, langsung comot. Belum juga yang bunga di pake, beberapa hari kemudian balik lagi untuk beli yang bentuk daun. Harganya lumayan murah dibandingkan dengan yang kulihat di OS-OS. Ga sampe 20rb sepaket. Yang bunga daisy isinya 4 buah dengan ukuran yang berbeda2. Yang daun isinya 3 dengan ukuran yang berbeda2 juga. Ada juga sih di rak sebelahnya yang harganya seratusan ribu, tapi mirip banget. Yang ini KW nya kali ya, tapi asal bisa dipake, ambil aja yang murah. Pas dipake enak banget kok, karena cetakannya dilengkapi dengan pegas/per, jadi mudah banget ngelepas si fondan nya.
  

Untuk fondannya aku beli di dua TBK yang berbeda dengan merek yang berbeda. Di toko yang pertama, ada dua jenis dengan merek yang sama (lupa mereknya), untuk yang khusus putih atau untuk yang warna. Untuk yang khusus putih warnanya putih cerah, untuk yang warna, warnanya putih kusam. Karena pengennya buat warna, aku beli yang putih kusam. Di toko satunya lagi, fondannya merek Bakels . Warnanya putih cerah, cuman 1 jenis aja. Hasil perbandingan, Kalo yang buat warna yang ngejreng/ pekat, memang harus beli yang putih kusam, 1 tetes pewarna untuk 150 gr fondan, warnanya udah keluar banget. Kalo mau warna yang soft2, pake yang putih cerah. Dengan takaran pewarna yang sama, hasilnya jauuuh lebih soft.


Untuk percobaan kali ini, cake nya aku pake eggless choco cake dengan tambahan vla susu keju di tengahnya. Perpaduan yang sip deh, untuk rasanya... untuk fondan nya, vla nya kurang cocok. Karena sifat vlanya yang ga bisa bener2 'set', jadi melumerkan si fondan pada bagian sisi2nya  yang langsung bersentuhan dengan vla. Mungkin lain kali kalo mau bikin yang seperti ini harus diakali dengan sedikit melubangi bagian tengah cake untuk wadah vlanya. Jadi pada bagian sisi cake ga ada vla yang keluar.


Aku bikin 2 cake, satu bunder untuk dirumah dan satu lagi kotak untuk temen2 di kantor. Yang bunder itu pengennya warna baby blue, tapi karena pake fondan yang untuk warna, 1 tetes aja udah jadi biru ngejreng. Untuk bunga dan daun apalagi, lebih nyoss lagi warnanya (karena fondannya lebih sedikit). Untuk yang kotak pake fondan Bakels, untuk yang ungu mudanya gampil, tapi untuk bikin pita dan daun warna ungu tua... lumayan banyak pake pewarna, mestinya pake yang khusus untuk warna. Oh iya, tips untuk melapisi cake kotak (kalo yang bunder gampang aja lah), setelah menipiskan fondan dan menaruhnya diatas cake, mulailah merapikan dari sudut2nya, setelah itu baru rapikan pada sisi-sisinya, jadinya ujung kotaknya rapi. Yah meskipun belum rapi bener, not bad for my first shot. Perlu jam terbang yang tinggi untuk menaklukkan fondan ini sampai jadi yang rapi jali.


Resep cake nya bisa dilihat dipostinganku sebelumnya. Untuk cake yang bunder diameter 16, aku pake 1 resep. Untuk yang kotak 16x16 aku pake 1,5 resep (lebih sedikit, kira-kira 2 cupcake, soalnya ketinggian)

Resep vla (diambil dari page nya Kejumooo) :
250 ml susu cair 
25 gr gula pasir (aku pake 4 sdm)
6 lbr keju KRAFT SINGLES, potong-potong (aku pake 75 gr keju serut)
2 sdm tepung maizena + 2 sdm air, larutkan 
1 kuning telur 
1 sdm mentega tawar (aku pake mentega biasa) 

Cara membuat:

Rebus susu dan gula sampai mendidih. Tambahkan keju. Aduk sampai larut. Kentalkan dengan larutan maizena. Rebus sampai meletup-letup. Tambahkan kuning telur. Aduk rata.  Masukkan mentega. Aduk rata. Panas-panas. Tuang ke atas cake. Tutup dengan cake yang lain.
SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment