Cooking
with love...
Home » , , » Blueberry Cheese Tart

Blueberry Cheese Tart

Written By Farida on Sunday, October 6, 2013 | 10:26 PM

Kesengsem beraaaattt pas pertama kali ngeliat penampakan si Blueberry Cheese Tart ini di blog masam manis, cantiiikk banget. Bikin tambah pengen nyobain bikin si tart-tart an / pie-pie an ini. Awalnya sih pengen bikin pie buah, tapi begitu liat yang ini, langsung ubah haluan. Di blog tersebut juga di gambarin step by stepnya bikin si daun imut-imutnya, makin menggebu-gebu deh semangatnya. Ngelirik resepnya juga ga terlalu neko2, paling cuman cream cheese aja yang agak 'berat' di ongkos. Sekali-kali pake cream cheese beneran lah, masak pake yang abal-abal terus.


Tapi ga tau salah dimana ya, adonan fillingnya teksturnya ga selembut contohnya. Cream cheesenya udah dikeluarin dari kulkas tapi nggak sampe suhu ruang, udah..., apa kurang lama ya? hihihi... ga tau deh, ini perkenalan pertama dengan si cream cheese. Jadinya si daun jadi kurang imut deh. Kalo untuk pie nya, lumayan lah ga keras. Kayaknya tipsnya sama dengan bikin nastar, jangan terlalu sering kena tangan. Mengadonnya juga pake sendok kayu. Tapi emang ga sememprul nastar, mungkin juga karena pie ini pake margarin aja, ga ada butternya. Tapi tetep enak kok, belum di kasih filling, Salma udah ngabisin 2 pie nya.


Bahan Pie:
170 gr Margarin
50 gr Gula halus
1 buah telur ukuran kecil
190 gr Tepung terigu (aku pake protein rendah)
1 sdt vanili essense

Bahan Filling :
(karena menurut resep, 1 resep filling bisa untuk 2 resep pie, aku bikin 1/2 resep aja, yang kutulis dibawah udah 1/2 resep ya...)
125 gr Cream cheese 
25 gr Gula halus
1/2 butir telur ukuran sedang (kocok lepas 1 butir telur, ambil setengah bagiannya)
1/2 sdt vanili essense
Selai blueberry secukupnya

Cara membuat Pie:
Campur Margarin dan gula halus, aduk menggunakan sendok kayu, asal rata aja. Masukkan telur dan vanili, aduk rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai adonan lembut (banyak sedikitnya tepung tergantung pada kelembutan adonan). Simpan di kulkas setelah di bungkus plastik wrap semalaman. 
Ambil sedikit adonan, cetak dengan cetakan nastar/ pie mini. Tusuk2 dengan garpu pada bagian dasar. Panggang dengan oven suhu 170c selama 20 menit. Dinginkan

Cara membuat filling:
Keluarkan cream cheese dari kulkas, tapi jangan sampai sama dengan suhu ruang. Kocok dengan gula halus sampai halus. Masukkan telur dan vanili, kocok lagi.
Beri sedikit selai blueberry pada dasar pie, tutup dengan filling dengan bantuan piping bag. Untuk hiasan, ambil sedikit adonan filling, beri pewarna ungu secukupnya. Dengan bantuan tusuk gigi, buat susunan 3-4 garis kecil horisontal, dan dengan tusuk gigi yang lain tarik garis vertikal tepat ditengah garis2 horisontal tadi tanpa terputus. Oven selama 10 menit. tes dengan ujung jari, sampai adonan filling tidak lengket.



SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment