Cooking
with love...
Home » , » Apple Crumble Pie

Apple Crumble Pie

Written By Farida on Monday, October 21, 2013 | 2:59 PM

Udah lama penasaran sama rasa pie ini. Dulu waktu kecil sering liat film kartun, kudapan yang paling sering diceritakan ya si pie apel ini. Meskipun di Malang tempatnya apel, tapi hampir ga pernah mengolah kudapan satu ini. Nah pas kemaren ke TBK liat cetakan pie bongkar pasang, langsung beli. Pas ada stock apel, langsung deh di eksekusi.


Rasanya legit manis, plus harum kayu manis dan aroma apel. Teksturnya lembek enak isinya dengan kres kulit yang lumer dimulut. Karena aku bikin yang ada crumble nya, jadi ada sensasi remah diatasnya. Wehhhh... ennnaakkkk pokoknya...



Ada kesalahan sedikit, karena resep aslinya untuk diameter pie sekitar 30 cm, aku cuman bikin 1/2 resep. Kirain punyaku diameter 16 cm, ternyata 18 cm. Kalo untuk kulitnya sih cukup aja, tapi untuk isinya, kurang. diresep aslinya pake 5 apel, aku pake 3 apel, tapi kecil... hihihi... jadi kurang tebel isinya. untuk crumble nya menurutku kurang banyak.


Jadi untuk yang kutulis dibawah ini, untuk 1 resep ya, resep asli dari Ka Ita Masam Manis

Bahan Kulit Pastri :
240g Tepung terigu
170g Mentega dingin, dipotong kecil
2 sdm Gula halus
4 sdm air es

Bahan Isi:
5 biji apel hijau (Granny Smith)-- aku pake apel malang
1 biji parutan kulit lemon (aku ga pake)
Sejumput  garam
2 sdm mentega
100g gula palem
sejumput kayu manis bubuk (aku 1 sdt)
2 sdm tepung maizena

Bahan Crumble
75g tepung terigu
35g mentega tanpa garam (aku pake mentega biasa)
35g gula
35g choco chip (aku ga pake, pengennya diganti kismis, malah kelupaan...)

Cara membuat kulit pastri :
Aduk tepung terigu, mentega dan gula halus dengan garpu sampai berbutir2 rata, beri air es, aduk lagi dengan garpu sampai berbentuh adonan yang padu. Bungkus dengan plastik wrap, simpan di kulkas selama 30 menit

Cara membuat isi:
Kupas apel dan buang bagian tengahnya, iris tipis. Panaskan mentega, masukkan gula palem, aduk rata. Masukkan apel, aduk rata. Masukkan garam, kayu manis bubuk dan tepung maizena, aduk rata sampai apel layu. angkat, sisihkan.

Cara membuat crumble:
Aduk tepung terigu, mentega dan gula dengan garpu sampai berbutir2 rata, tambahkan choco chip, aduk rata.

Cara menyusun pie:
Panaskan oven dengan suhu 220c.
Keluarkan adonan kulit dari kulkas, giling setebal kira-kira 3 mm, letakkan pada loyang pie, ratakan dan rapikan pinggirnya. Tuang adonan isi, ratakan. Taburi dengan adonan crumble, hias dengan potongan apel. Oven selama 15 menit dengan suhu 220 c, kemudian turunkan menjadi 190c selama 45 menit


SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment