Cooking
with love...
Home » , » Lumpia Sayur

Lumpia Sayur

Written By Farida on Tuesday, October 20, 2015 | 7:26 PM

Awalnya ga niat bikin lumpia sayur ini, yg diagendakan malah lumpia apel-nya mba pujihamzah. Lho...


Jadi ceritanya hari minggu kemaren, seperti biasa paginya adalah jadwal emak ke pasar. Telur sekilo itu sudah jadwal rutin mingguan, plus sayur mayur dan ikan buat persediaan seminggu di kulkas. Ga sampe yg hijau daun juga sih sayur nya, paling wortel, jagung putren, pete, kembang kol, yah... yang bisa disimpan dikulkas deh... kl sayuran hijau daun biasanya beli sama paman sayur yg lewat depan rumah. Biasanya ke pasar deket rumah aja, pasar ga resmi... cuman di gang deket terminal yg dimanfaatkan sekelompok pedagang awalnya, tapi lama-lama rame dan lumayan lengkap lah. Kemaren itu pengen nyobain pasar yang lain, jaraknya juga ga terlalu jauh. Jadi sambil cuci mata, jalan-jalan lah ke pasar tsb.

Nah... di pasar tsb ada yg jual kulit lumpia, kayaknya si pedagang keliling juga, soalnya cuman itu jualannya dan nongkrongnya di lapak yg kosong. Tertarik, akhirnya beli lah si kulit lumpia. Sebenernya pengen nyobain resep mba puji, tapi ga tau kenapa, yg terlintas dipikiranku kok terbayang lumpia sayur yang dimakan dengan saus dan ngeletus daun bawang. Kalo di Banjar rasanya belum pernah ngeliat orang yg berjualan lumpia dengan daun bawang mentah sebagai sandingannya. Jadilah malah beli bahan-bahan untuk lumpia sayur. Karena dadakan yg kepikir cuman wortel, tauge dan bengkuang saja. Sampai rumah browsing-browsing eh di resepnya ada campuran udang dan ayam. Karena jarang nyetok ayam (bukan makanan favorit di rumah) ya sudah... di eksekusi yg ada aja.


Bahan:
1 buah Wortel, potong korek api / serut
3 buah bengkuang uk sedang, potong korek api / serut
Tauge secukupnya
1 buah Bawang prei, iris kasar
1 buah Bawang bombay
3 siung Bawang putih
Merica, Garam dan Gula secukupnya
Kulit lumpia secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Saus bangkok botolan buat cocolan dan daun bawang yg kecil2 buat kletusan 

Cara Membuat:
Haluskan bawang putih dan merica, tumis sampai harum. Masukkan baqang bombay dan bawang prei, masak sampai layu. Masukkan wortel, bengkuang. Masak sampai layu (jangan terlalu matang) masukkan tauge. Bumbui gula garam. Aduk rata. Sisihkan.
Ambil 1 kulit lumpia, isi dengan tumisan sayur, lipat dan gulung. Lakukan sampai tumisan habis.
Panaskan minyak, goreng lumpia sampai kuning kecoklatan. Tiriskan.
Sajikan dengan saus bangkok dan daun bawang.


Selamat menikmati...
SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment