Cooking
with love...
Home » , » Simple Favorit : Cah / Tumis Kangkung

Simple Favorit : Cah / Tumis Kangkung

Written By Farida on Tuesday, July 16, 2013 | 12:50 PM

Kayaknya terlalu simple untuk masuk blog, tapi ga apalah... daripada ga ada yg diketik n nambahin daftar di kamus masakanku -- baca: blog ini. Ngomongin soal makanan super simple n enak, pasti langsung inget cah sayuran. Ntah itu kangkung, sawi, tauge, atau kombinasi beberapa sayuran sekaligus. Ga cuman simple n enak, sehat karena kaya serat. Kadang kadang kalo lagi males nyediain lauknya... ya udah, tambahin aja tahu, bakso, sosis ato telur puyuh didalamnya. Mau yang kuah-kuah, banyakin aja airnya... jadi dah, sayur, kuah, lauk jadi satu. Tinggal nambah nasi aja, lengkap deh...hehehehe... makanya banyak yang bilang Cah / tumis ini masakannya orang malas... biarin aja, yang penting enak dan ga ribet.
Tapi meskipun termasuk masakan yang paling sederhana, cara masak tiap orang beda2 loh. Ada yang pake bawang merah putihnya dialusin dulu, ada yang di iris tipis aja, ada juga yang pake bawang putih cincang aja. Ada yang pake saus2an, misalnya saus tiram dan kecap, ada juga yang suka polosan....dan sebagainya. Simple tapi banyak versi ya...
Kalo aku sih pasti ga ninggalin saus tiram dan kecap, biar lebih nendang rasanya. Lebih suka pake bawang merah putih diiris tipis aja, ato pake bawang putih cincang aja, biar kuahnya lebih bening dan seger. Kalo mau pedes tinggal ngasih cabe rawit utuh, pas makan sambil di ceplusin... hmmmm nikmatnya...
Kali ini yang aku masak cah/tumis kangkung, biasa aja, tanpa tambahan tahu, bakso dsb.... yang ada cuman itu, sekalian mau me-recook masakan di Dapur Masak (ngumpulin poin ni ceritanya)





Bahan:
2 ikat kangkung, siangi, cuci bersih
2 siung bawang merah, iris tipis
2 sing bawang putih, iris tipis
1 buah cabai merah, iris tipis
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram

Cara Membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi, masukkan cabai merah, masak sampai layu. Kecilkan api, Masukkan kangkung, saus tiram dan kecap, bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata, masak sampai kangkung mulai layu. langsung angkat dan pindah ke piring saji (Panas dari penggorengan bisa menambah kematangan kangkung, warnanya jadi coklat)
SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment