Cooking
with love...
Home » , , » Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Written By Farida on Monday, July 15, 2013 | 12:51 PM

Penasaran sama si pisang ijo ni, banyak sih yang jual di pinggir jalan, tapi kok ya selalu terbayang2 sama salah satu acara investigasi di TV swasta, tentang si pisang ijo ini... yang pake pengawet lah... pewarna tekstil lah... padahal ya mungkin yg dipinggir jalan disini ga pake yg begitu2. Jadi bertekat untuk bikin sendiri. Browsing sana sini, nyantolnya sama resep dari justtryandtaste, yang katanya tetap lembut sampai keesokan harinya. Belum pernah nyicip n nyobain resep lain, jadi ga bisa ngebandingin dengan yang lain. 
Emang agak ribet bikinnya, ngukus pisang, ngukus adonan, ngelapisin pisang dengan adonan, kukus lagi... tapi... semuanya terbayar dengan rasanya. Beneran enak...
Meskipun ga semuanya ngikut resep karena satu dan lain hal, enak.... apalagi kl ngikut resep ya... 
Yang pertama karena resep aslinya pake jus pandan untuk rasa pandan dan warna hijaunya, waduh... untuk urusan satu ini nyerah deh. Ga tau kenapa aku paling alergi sama bau daun pandan segar. Dulu di rumah ada pohon pandan sampe tinggi n besar banget, kalo pas lagi kerja bakti bersih2 halaman, aku pasti request untuk bersihin yang lain dulu, potong pohon pandannya ntar aja di akhir, setelah aku masuk rumah. Baunya itu lho... bikin eneg, mual n pusing... segitunya... tapi beneran ga bohong ni. Kalo bau pandan yang udah di olah, dimasukin ke nasi ato santan... ga papa... aku seneng aja...harum... tapi kalo masih seger.... no way, jauh2 deh. Nah di resep pake acara di jus... hadeh, membayangkan aja dah pusing. Jadi aku ganti sama pasta pandan dan sedikit pewarna makanan. Daun pandan ku pake untuk campuran vla nya aja -- sobek2 sambil tahan napas dan langsung cuci tangan -- wkwkwk....
Yang kedua... ga ada daun pisang, jadi ngukus adonan yang dalamnya ada pisangnya aku bungkus pake cling wrap (baca di beberapa sumber, cling wrap aman untuk kukusan, jangan pake untuk oven/panggang ya.... ya iyalah...)
Ketiga, karena ke sok-an ku... aku mengurangi cairan buat adonan kulit. Pas mengaduk adonan kulit, aku ngerasa kok encer banget ya... apa ya jadi?-- emang bikin sepertiga resep, jadi semuanya bagi 3, nah pas takaran cairan (aslinya santan dan jus pandan, karena ga pake jus pandan, jadi ganti air biasa)--, jadi ragu2... jangan2 salah itung ni... akhirnya aku kurangi, untung dikit aja. Adonannya jadi agak keras, perlu tenaga ekstra untuk melumatkan dan meng-kalis kan adonannya, untung juga ada mba nya yang bersedia menguleni, mungkin kalo disiplin sama resep, hasilnya akan lebih empuk lagi --sok tau sih--
Ke empat, di rumah adanya pisang ambon, resep asli pake pisang raja



Yang ini resepnya sudah aku modif ya... tapi dengan takaran cairan yang sesuai :)

Bahan:
6 buah pisang ambon yang telah matang, kukus
70 gram tepung beras
70 gram tepung terigu
18 gram gula pasir
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa (aku pake santan instan bubuk)
170 ml air
2 tetes pasta pandan

1 tetes pewarna hijau

Bahan vla:
20 gram tepung beras
200 ml santan kental (aku pake santan instan bubuk)
35 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
Daun pandan secukupnya, sobek2

Cara Membuat:
Campur tepung beras, tepung terigu, santan dan air, aduk rata. Saring.
Kukus adonan sampai matang, keluarkan dan uleni adonan sampai lembut dan kalis.
Ambil adonan sedikit, pipihkan diatas plastik cling wrap, taruh 1 pisang kukus diatasnya, gulung. Gulung adonan dengan cling wrap, pilin ujung-ujungnya. kukus lagi. ulangi sampai adonan dan pisang habis.

Cara membuat vla:
Campur semua bahan, aduk rata. Masak diatas api sampai meletup-letup. dinginkan

Penyajian:
Potong2 pisang ijo dan es batu, siram dengan vla. Bisa juga ditambah sirup coco pandan.
*Ga pake es, cuman pisang ijo n vla nya aja dah mak nyus...

SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment