Cooking
with love...
Home » , » Kue Lumpur Vla Labu

Kue Lumpur Vla Labu

Written By Farida on Tuesday, September 29, 2015 | 12:00 PM

Kue lumpur yang ini ga sama ya sama kue yang biasanya dinamakan kue lumpur. Kue lumpur vla ini menurutku lebih kayak adonan dadar yang dicetak di cetakan kue lumpur dan tengahnya dituangi vla. Pertama tau kue ini langsung penasaran cara bikinnya. Unik karena menurutku modifikasi dari kue tradisional. 


Pertama nyobain bikin mangkok / kulitnya, sesuai dengan cara di resep, hasilnya dari 7 mangkok cuman 1 aja yang bagus, lainnya gatot alias gagal total. Menurut resepnya, setelah adonan dituang penuh ke cetakan, ambil adonan ditengahnya yang belum keras dengan bantuan suntikan kosong. Karena mungkin juga efek dari suntikan yang aku pake, aku pake suntikan yg dari silikon yang mestinya untuk menghias cake untuk tulisan, jadinya tarikannya ga maksimal. Karena masih penasaran, bikin lagi adonan kulitnya lagi. Kali ini dengan caraku, alhamdulillah... sukses meskipun sedikit lambat dan harus berpanas2 memegang si cetakan. Kalau caraku, tuang adonan secukupnya saja di cetakan, angkat dan putar biar si adonan rata di pinggirnya.



Resep asli dari Fb NCC Kiriman dari Mba Ley Hoen Yoe

Bahan Kulit:
125 gr Tepung terigu
25 gr Gula
200 cc Santan
50 cc Air pandan (aku air rebusan pandan)
25 gr Margarin cair
Pasta Pandan secukupnya (aku pake pewarna hijau saja)

Bahan Vla:
500 gr Labu kukus, saring halus
50 gr Tepung beras
50 gr Tepung kanji
500 cc Santan
2 helai Pandan
125 gr Gula
Garam secukupnya

Cara Membuat:
Kulit:
Aduk semua bahan sampai rata, saring biar ga ada yang meringkil. Panaskan cetakan lumpur, tuang sedikit adonan, angkat cetakan, putar sampai adonan rata dibagian pinggirnya. Masak sampai matang, angkat, sisihkan

Vla:
Campur semua bahan, masak diatas api kecil sampai meletup-letup, tuang ke mangkok kulit yang sudah matang

Saus Santan:
Santan kental dimasak dengan garam sedikit, tambahkan tepung beras yang sudah dilarutkan dengan air, masak sampai meletup-letup. Takaran aku kira2 saja.

SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment