Cooking
with love...
Home » , » Soes vla Durian

Soes vla Durian

Written By Farida on Monday, March 17, 2014 | 12:51 PM

Kangen banget nguplek di dapur

Beberapa minggu belakangan ini, hari jumat sabtu ada kegiatan baru, kursus jahit dan beberapa kegiatan kantor lainnya. Hari minggu jadinya tepar... pengen istirahat aja. Pas minggu kemaren pengen banget bikin2 apaaa gitu. Yang kepikiran soes / eclairs resepnya mba ricke. Dengan pede nya langsung mau eksekusi, ternyata oh ternyata ga punya coklat putih (perasaan ada deh..., ternyata udah kepake pas bikin Triple Choco Cake bulan Januari kemaren... hihihi udah lama banget). Puter otak deh buat gantiin vla nya, kebetulan ada daging durian dikulkas, udah deh yang ada aja diberdayakan.
Nyari-nyari resep vla durian, lha kok rata-rata pake whipcream bubuk, pas ga ada juga di rumah. Adanya cuman krimer untuk minuman. Alhasil vla nya ini resepnya hasil utak-atik sendiri. Alhamdulillah enak aja.



Resep Soes:
200 ml air
100 gr margarin (aku pake butter)
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu, ayak
3 butir telur, kocok lepas

Resep vla durian:
100 ml air
80 gr krimer bubuk
100 gr daging durian
2 sdm tepung maizena
1 kuning telur
Gula pasir secukupnya

Cara membuat soes:
Campur air, butter dan garam dengan air, didihkan. matikan api
Masukkan terigu, aduk rata dengan sendok kayu.
Nyalakan api kecil, masak lagi sampai kalis (tidak lengket di panci). Angkat, dinginkan.
Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil dimixer dengan kecepatan rendah. Hentikan penambahan telur jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk di spuit.
Masukkan adonan ke kantong segitiga, spuit diatas loyang yang sudah diolesi margarin.
Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. 200 C selama 30 menit. Angkat dinginkan. (Selama pemanggangan jangan pernah membuka pintu oven kalo ga mau adonannya mengempis)

Cara membuat vla:
Larutkan krimer dengan air, blender daging durian dengan krimer cair. Masak diatas api kecil dengan menambahkan gula sampai mendidih. Kocok lepas kuning telur, ambil sedikit adonan vla, campur cepat dengan kuning telur, tuang adonan yang sudah tercampur dengan kuning telur campur dengan adonan dipanci, aduk rata.
Cairkan maizena dengan sedikit air, masukkan ke dalam adonan, aduk rata. Masak sampai meletup-letup. Dinginkan.

Penyelesaian:
Masukkan vla kedalam kantong segitiga dengan spuit lubang biasa. Ambil kulit soes buat lubang kecil dengan bantuan spuit, spuitkan vla kedalam soes secukupnya.
SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment