Cooking
with love...
Home » , » Seluwang Goreng Kriuk

Seluwang Goreng Kriuk

Written By Farida on Saturday, December 7, 2013 | 10:05 AM

Gara-gara nyontek resep mba ana, ikan goreng kriuk ini jadi selalu ada di toples meja makan. Salma suka banget, biasanya dia sendiri yang minta 'Mau mamam iwak...', artinya dia maunya maem sama si ikan kriuk ini. Meskipun kalau makan, selalu bagian kepalanya di tinggal. Resep asli dari mba ana sih, pake tepung maizena thok. Cuman percobaan pertama, pas ga ada maizena (lupa kalo stock maizena habis) jadi aku ganti sama tepung tapioka/kanji. Hasilnya kriuk agak keras. Bikin ke 2 dan seterusnya, aku pake campuran tepung tapioka dan maizena 50:50. Hasilnya pas, enak, kriuk dan kriuk nya tahan lama di toples.
Sebenernya daripada seluwang, ikan bilis lebih enak di goreng seperti ini. Ikan seluwang ukurannya lebih besar, meskipun ada sih yang kecil. Cuman lebih ukuran ikan bilis lebih seragam. Karena minggu kemaren ga nemu ikan bilis, ikan seluwang juga OK deh, daripada ntar keabisan stock ikan goreng ini.
Btw, ni ikan enak juga lho buat cemilan.



Bahan:
250 gr Ikan seluwang atau ikan bilis, siangi, cuci bersih
Kunyit, bawang putih, ketumbar dan garam, dihaluskan untuk bumbu ikan (aku pake bumbu ikan goreng instan)
4 sdm tepung tapioka
4 sdm tepung maizena
1/2 sdt penyedap rasa
garam secukupnya

Cara membuat:
Campur ikan dengan bumbu, diamkan 30 menit sambil ditiriskan (bumbunya ga usah pake air ya...)
Campur tepung2an dengan garam dan bumbu penyedap, aduk rata.
Panaskan minyak agak banyak sampai panas, ambil segenggam ikan, masukkan kedalam mangkok tepung (kering), aduk-aduk sampai semua bagian ikan tertutup dengan tepungGoreng sampai kuning kecoklatan, tiriskan dengan kertas tissu/ kertas minyak. Simpan dalam toples yang tertutup rapat.


SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment