Cooking
with love...
Home » » Cake Tape Ketan Hitam in a Jar - LBT#28

Cake Tape Ketan Hitam in a Jar - LBT#28

Written By Farida on Wednesday, December 11, 2013 | 8:08 AM

Cake in a jar, tema tantangan LBT bulan desember ini. Membayangkannya agak ribet, tapi terpaksa tertantang untuk bikin, enggak ding... sukarela tertantang... hihihi. Udah lama sering liat cake in a jar sliweran di dunia maya, apalagi di web-web luar. Cantik-cantik, berlapis-lapis di toples.
Dari beberapa link yang diberikan di tantangan tsb, langsung kecantol pada red velvet cupcake in a jar. Warna merah dan putih yang sangat kontras, cantikkkk banget, bikin aku langsung memutuskan untuk nyontek resep dan tampilannya. Udah mau meng-eksekusi, baru inget masih ada tape ketan hitam di kulkas, iseng2 aku utak-atik dikit resepnya, biar si tape juga bisa ikutan eksis dalam cake nya. Jadilah cake ketan hitam in a jar. Seperti biasa, aku sengaja mengurangi takaran gulanya. Apalagi ni resep dari web luar, biasanya manisnya ambooooiii. Jadi deh aku kurangi takaran gula sampai 60 gr. Pas... manisnya ga nonjok.
Ada satu hal lagi yang bikin aku pengen bikin resep ini, cakenya type butter cake tapi pakai minyak sayur dan ada tambahan buttermilk juga, untuk buttermilk aku ganti dengan susu cair yang dicampur air perasan lemon dan didiamkan selama 15 menit. Biasanya kalo bikin cake type butter cake ni, aku selalu gagal. Sekali aja kalo ga salah yang lumayan ngembang. Lainnya bantet tet.


Pengalaman pertama ngocok minyak dan gula, hihihi... kalo dipikir2 lucu, kekencengan mixer, kesana-sini dah. Udah beberapa menit, kok si gula tetep aja ga mau hancur, pasrah deh... alamat bantat nih. Udah deh, dengan berat hati aku masukin aja si telur dengan kondisi gula belum bener2 larut. Masukin bahan2 lain, masuk oven, harap-harap cemas deh. Tapiiii.... alhamdulillah, 15 menit di oven udah ada tanda2 mulai naik cake nya.... wuiiihhh... senengnya. Setelah keluar dari oven juga ga bantet. Alhamdulillah...
Ga selesai sampai disitu, Masih ada tahapan menyusun cake nya dalam toples, kayaknya sih gampang... ternyata, susah booo... ga bisa serapih contohnya. Maklum, pengalaman pertama....hihihi...


Resepnya udah aku utak-atik ya, yang ini pas manisnya sama lidahku.
Bahan:
140 gr Tepung terigu
1/2 sdt Garam
145 gr Minyak sayur
100 Gula Pasir
1 butir telur
1 sdt vanili essence
1 sdm pewarna merah tua
1 sdt pewarna coklat tua
125 ml buttermilk (125 ml susu cair suam2 kuku +1/2 sdm air perasan lemon, diamkan selama 15 menit)
100 gr Tape ketan hitam
1/2 sdt baking soda
3/4 sdm cuka masak

Bahan cream cheese frosting:
125 gr Cream cheese, suhu ruang -- adanya segitu
1 1/2 sdm butter, suhu ruang
100 gr Gula halus
2 sdt Vanila essence

Cara membuat:
Campur tepung terigu dan garam, ayak. sisihkan.
Kocok minyak dan gula sampai tercampur, masukkan telur. Kocok rata. Masukkan vanili, pewarna merah dan coklat. Kocok rata. Masukkan tepung dan buttermilk bergantian sedikit demi sedikit, aduk asal rata. Masukkan tape ketan hitam, aduk asal rata. Campur baking soda dan cuka, masukkan ke dalam adonan, aduk asal rata. Tuang di cup / loyang. Oven selama 30 menit atau sampai matang.
Cream cheese frosting:
Kocok rata cream cheese dan butter sampai rata dan memucat. Masukkan gula halus sambil dikocok, masukkan juga vanili, kocok terus sampai rata.
Penyelesaian:
Keluarkan cake dari cup atau potong cake bundar sesuai dengan diameter toples. Tata berselang-seling dengan cream cheese frosting, terakhir taburi dengan trimit warna-warni.




SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment